vera anjani
Blog Universitas Komputer Indonesia

”Fenomena konvergensi media dengan kelebihan dan kekurangannya”

”Fenomena konvergensi media dengan kelebihan dan kekurangannya”
:-bd”Fenomena konvergensi media dengan kelebihan dan kekurangannya”
Teknologi media masa menbuat satu terobosan baru yang bernama ”konvergensi media”
 
Konvergensi media ini telah menjadi fenomena yang tengah jadi pergunjingan banyak orang. Dimana kebutuhan masyarakat luas akan informasi-informasi yang selalu up to date ini dipertanyakan isi, kredibilitasnya, dan pengolahan sumber informasi tersebut. Karena dengan munculnya fenomena konvergensi media ini, berarti muncul pula masalah baru.
Dalam konvergensi media, masyarakat juga dituntut untuk mampu menjadi aktor yang turut ambil bagian dalam perkembangan indstri ini. Dengan kata lain, masyarakat bukan hanya diminta untuk menjadi konsumen saja, tapi juga menjadi produsen dalam konvergensi media ini.
Banyak pertanyaan-pertanyaan bermuculan mengenai fenomena konvergensi media ini.
1.      apakah masyarakat diuntungkan dengan adanya konvergensi media?
2.      Kedua, apakah konvergensi media sudah optimal penggunaanya di dalam masyarakat, baik secara individu, kelompok, maupun suatu bangsa?
3.      ketiga, bagaimana meningkatkan perananan masyarakat dalam mendayagunakan kemajuan teknologi digital ini? Banyak kekurangan dan kelebihan yang bermuculan di dalam fenomena konvergensi media ini.
 
Adapun kelebihan dan kekurangan konvergensi media8->
 
Kelebihan dalam konvergensi media yaitu masyarakat dapat langsung memberikan umpan balik kepada media. Media pun semakin berkembang ke arah yang lebih baik. Selain itu masyarakat menjadi lebih bebas memilih informasi, tanpa harus terikat dengan teori agenda setting yang dirancang dalam media –media tradisional. Serta, publik bisa berperan serta sebagai pemberi informasi bagi media. Tambahan lagi, arus informasi dalam media menjadi lebih singkat dan efisien.
Kekurangannya adalah, informasi yang ada menjadi dipertanyakan. Apakah dapat dipercaya atau tidak? Selain itu, karena informasi yang harus diperbaharui secara terus menerus, menjadi dipertanyakan kredibilitasnya.
Fenomena konvergensi media ini tidak punya batasan, sehingga masyarakat bisa dengan bebas mengakses yang mereka inginkan, kapanpun dan dimanapun yang mereka mau. Selain itu, masyarakat dapat menjadi seorang penghasil informasi tanpa perlu belajar pendidikan khusus terlebih dahulu. Hal itu yang biasa disebut, citizen jounalist. Dimana masyarakat dapat menjadi pemberi informasi (pencari berita) yang bermanfaat bagi media massa itu sendiri. Munculnya citizen journalism ini kemudian yang membuat ranah konvergensi media semakin ramai dan digemari oleh banyak orang.
Hadirnya ruang-ruang publik di konvergensi media ini yang kemudian memunculkan inovasi citizen journalism. Konvergensi media membutuhkan umpan balik secara langsung dari masyarakat supaya media yang mengikuti trend menjadi berkembang ke arah yang lebih baik lagi.
Tapi ruang publik juga mempunyai kelemahan, citra atau kredibilias media yang menyediakan ruang publik tersebut jadi dipertanyakan, apakah mereka tidak sanggup untuk mengikuti trend konvergensi media, sehingga harus menyediakan ruang terbuka bagi publik untuk mendapatkan informasi lebih;;)
=D>Pada akhirnya, mulai sekarang masyarakat Indonesia harus berperan aktif dalam fenomena konvergensi media ini agar tidak matinya konvergensi media. Dan juga, menjadi masyarakat yang berpengetahuan baik. Serta bukan hanya sebagai konsumen melainkan sebagai produsen yang aktif menggunakan konsep-konsep digital.:-h
 
 

 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 03 Desember 12 - 15:36 WIB
Dalam Kategori : ”FENOMENA KONVERGENSI MEDIA DENGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGANNYA”
Dibaca sebanyak : 5047 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback